Friday, March 14, 2014

Menertibkan Anak-Anak Berjamaah di Masjid

Saran dan nasehat bagi pengelola masjid, takmir masjid harus terdiri dari orang-oran mukmin, bertaqwa yang mengerti tentang cara dan tata tertib shalat yang benar dan bertindak dimasjid karena Allah. Dalam hadis Nabi saw. memang ada tata tertib dan urutan shaf-shaf dalam shalat sbb.: di barisan terdepan adalah orang laki-laki dewasa, berikutnya kaum hawa dan paling belakang adalah anak-anak.

Hal ini dilakukan dengan harapan agar tidak terjadi gangguan kekhusyukan bagi seluruh jamaah di masjid, terutama dari suara dan gurauan anak-anak, hal ini tidak harus dilakukan secara kaku dan mutlak.

Dalam rangka mendidik anak-anak shalat berjamaah terutama shalat jumat, sebaiknya anak-anak shalat berjamaah disamping orang tuanya, kakaknya atau siapa saja yang lebih dewasa untuk mengawasi dan mendidik anak-anak itu agar biasa melakukan shalat berjamaah dengan tertib dan khusyuk. Cara dan tindakan seperti ini adalah lebih banyak mendorong mereka melakukan shalat berjamaah dengan orang tua atau keluarganya, daripada mengumpulkan mereka di shaf yang paling belakang sambil ramai-ramai/berisik, ngomong/ngobrol bersama dan bergurau yang suaranya pasti mengganggu jamaah yang ada di depan. 

Syukron

No comments:

Post a Comment