Saturday, April 26, 2014

Jatuh Talak Tanpa Suami Berkata Apapun ?

Penanya :
Saya nak tanya pak fud.... jika seorang suami berkata begini "kalau sampe terulang lagi kejadian ini, kita jalan masing-masing (maksudnya kita cerai)". Lalu setelah beberapa hari/minggu ke depan, terjadilah kejadian Serupa. pertanyaan saya : apakah jatuh talak pada si istri, tanpa suami berkata-kata apa pun ??

Jawaban :
Ucapan suami anda untuk pertama kali itu, hanya sekedar teguran berupa kinayah atau sindiran agar anda berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan, saya kira dia tidak hendak atau niat menceraikan isterinya, buktinya ketika anda melakukan kesalahan untuk kedua kalinya, dia tidak berkata apa-apa, ini berarti tidak ada niat dalam hatinya untuk menceraikan anda.

Hidup berumah tangga tidak ada yang lepas dari gesekan antara suami-isteri dan anak-anak, atau keluarga di dalam rumah, apalagi kalau sudah relatif lama, oleh karena itu harus selalu berhati-hati dan sabar dalam menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan dari kedua pihak dan saling mengingatkan dengan cara-cara yang sopan dan halus serta saling memaafkan.

Perpisahan bukan saja menggoncangkan mahligai rumah tangga, tetapi akan memberikan pengaruh psikologis yang cukup berat bagi kehidupan kedua orang yang pernah bertemu dalam rumah tangga, apalagi kalau sudah diberi anak yang menjadi tali pengikat "qurrota a'yun" di dunia ini.

 الطلاق يهتز منها العرش.

Perceraian itu mengguncang mahligai rumah tangga.

Semoga Allah selalu memberikan lindungan, hidayat, taufiq dan maunah dalam bingkai : rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rakhmah.

آمين يا رب العلمين

No comments:

Post a Comment