Sunday, April 27, 2014

Bersyukur

Bersyukur itu berarti berterima kasih kepada yang memberikan sesuatu kepada kita, menghargai dan menikmati pemberian itu dengan sebaik-baiknya walaupun sekecil apapun pemberian itu.

Allah telah memberikan segala sesuatu kepada kita tubuh dan jasmani yang sehat dan sempurna, diberi otak yang bisa memikir secara nalar, diberi hati yang memiliki kecerdasan secara emosional dan spiritual : memilih dan membedakan yang benar dan yang salah, mana yang harus ditinggalkan dan yang harus dilakukan, sanggup utk.memahami dan mengerti kebesaran Allah dengan segala macam sifat dan ciptaan-Nya, kemudian patuh dan tunduk serta khudu' dalam sholat, dzikir dan doa.

Bersyukur kepads Allah adalah menggunakan segala sesuatu yang diberikan : jasmani dan ruhani, material dan non material, pada segala sesuatu yang dihalalkan, diperbolehkan dan diridhoi-Nya. Tidak menggunakan itu semua untuk hal-hal yang dilarang oleh syariat, termasuk memubadzirkan harta dan waktu untuk melakukan segala sesuatu yang tidak ada manfaatnya, di dunia dan akhirat.
Mengeluh dan putus asa, adalah sikap orang-oran yang tidak mengenal ketentuan dan taqdir yang telah digariskan dalam perjalanan hidup yang harus dilalui oleh setiap orang yang telah ditentukan melalui hidayat-Nya dalam Al Quran yang harus kita pahami.

Putus asa atau "tai asu" adalah sikap dan tindakan orang-orang yang tidak mengenal Allah Yang Maha Kaya, Sayang, Pemurah dan Maha... Maha... Maha... 

No comments:

Post a Comment