Monday, May 19, 2014

3 Hal Penyebab Kepikunan?

Penanya
Pak, saya mau tanya apa benar yang bisa menyebabkan pikun/lupa pada waktu tua ada 3 hal : 
  1. Membaca tulisan di nisan,
  2. Makan dan minum di tempat wudhu,
  3. Makan setelah berhubungan suami istri. 
Apakah ada hadist yang menjelaskan seperti itu?
Mohon penjelasannya dan terima kasih

Jawaban :
Tidak ada hadits yang melarang minum dan makan di tempat wudhu, tetapi karena wudhu adalah merupakan ibadah, maka sebaiknya makan dan minum lebih dahulu sebelumnya, agar supaya pads saat melakukan shalat tidak kehausan dan kelaparan, kerja yang paling berat adalah bikin anak walaupun ada kenikmatan tersendiri, coba bandingkan dengan pekerjaan yang lain, seperti kerja di kantor, mengangkat barang atau kerja di sawah dan pekerjaan berat yang lain, lelah, payah, penat dan kantuk akan hilang, badan akan menjadi sehat dan segar kembali, setelah mandi. Akan tetapi, setelah kerja yang satu ini, rasa capek dan penat, lapar dan haus muncul dan tidur pun menjadi berkepanjangan, jadi untuk mengembalikan energi sebaiknya makan dan munumlah apa saja yang bisa diperoleh.

Dalam kitab-kitab fiqih dilarang menulis apapun di batu nisan, semua batu nisan di Baqi' Al-Ghorqod, kuburan para isteri Nabi dan para Sahabat tidak ada tulisan yang tertulis di batu nisannya. Orang-orang perempuan yang suka ke kuburan akan dikutuk oleh Allah.

Orang yang suka membaca Al-Quran dengan disertai pemikiran dan pemahaman yang benar, kepikunan tidak akan menempel pada otaknya. Termasuk juga memahami buku-buku yang rasional, tidak suka menghayal dan melamun, atau berpikir tentang sesuatu yang tidak realistis, bukan saja menimbulkan kepikunan, akan tetapi dapat mempercepat ketuaan secara fisik dan mental.

No comments:

Post a Comment