Monday, November 3, 2014

MENANGGAPI ISTIDLAL KELOMPOK ORANG YANG INGKAR SUNNAH/HADITS


DR. Taufiq Afandy Shidqi, Al Islam huwal Quranu Wahdah, Syekh Muhammad Abu Royah dalam Qisshotul haditsil Muhammady dan pendukungnya yang berdaliil dengan ayat ayat, 6:38,16:89, dan 15:9, sebagai hujjah untuk menolak Al Sunnah/Hadits sebagai sumber atau dasar syariat islam, adalah perlu penjelasan yang komprehensif, yaitu:

 1. Yang dimaksud dengan 6:38...

ما فرطنا في الكتاب من شيء...

adalah Lauh Mahfuzd yang berada di Arasy, sebagai pusat statistik seluruh alam semesta dengan segala macam isinya sejak diciptakan sampai terjadinya Hari Qiamat, bukan Kitab Al Quran

2. ونزلنا عليك الكتاب تبيانا لكل شيء...

...dan Kami turunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu, sebagai penjelasan dari segala sesuatu..."

Lafal: كل، جميع، معشر،كافة، dan semua isim maushul adalah menunjukkan arti "aam", dalam kaidah ushul fiqh disebutkan: لآ يجوز العمل بالعام قبل البحث بالتخصيص. او: ما من عام إلآ خصص

Tidak diperbolehkan menggunakan dalil yang umum, sebelum ditemukan dalil yang khusus. Atau, tidak ada dalil yang umum yang tidak ada dalil yang mentahsisnya.

Dalam arti tidak seluruh ayat Al Quran sudah cukup jelas arti dan maksudnya, ada ayat yang musytarak, mujmal, aam, mutlak, dhohir, mua' wal.

Misalnya ayat-ayat tentang shalat, zakat, haji, shiyam, muamalah, rukun iman dan rukun islam dan banyak yang lain yang tidak bisa disebut disini, detail dan uraiannya diuraikan di dalam hadits Rasulillah.

Umat islam tidak bisa melakukan salat dan haji seperti saat ini, tanpa melalui hadits:

خذوا عني مناسككم

صلوا كما رأيتموني أصلي


3. Al Quran 15

إنا نحن نزلنا الذكر وإنا له لحافظون


Memberi pengertian, bahwa Allah akan menjaga keberadaan dan keaslianya, seperti semula diturunkan sampai terjadinya Hari Kiamat, sebagai pedoman keberagamaan risalah yang disampaikan oleh Rasul terakhir. Dijaga dari pemalsuan, pemusnahan dengan jalan apapun, sampai dengan perubahan yang diusahakan atau direkayasa oleh orang-orang yang memusuhi islam, seperti Musailamah Al Kaddab, Salman Rusdi, pemalsuan penerbitan Al Quran palsu dari Rusia, yang terbaru adalah usaha untuk merubah ayat-ayat "qital" dalam Al Quran di Perancis, yang mempengaruhi Islam garis keras seperti terorisme dan ISIS.

Penjagaan terhadap Al Quran ini digerakkan oleh iradah dan taqdir Allah dengan menjamurnya penghafal Al Quran, diselenggarakannya MTQ baik tingkat lokal, Nasional maupun Internasional dan lahirya pesantren khusus penghafal Al Quran.

Manthuq (arti yang tersurat) dari ayat, 15:9, tidak bisa dipahami, bahwa selain Al Quran (hadits) tidak dijaga oleh Allah..

Pemahaman seperti ini, adalah rekayasa, akal-akalan dan takwil yang menyimpang dari kebenaran Ilahiyah.

Allah Al Hafizd, akan selalu menjaga agama yang disyariatkan melalui Nabi dan Rasul-Nya, terutama Muhammad SAW sebagai rasul terakhir yang dibekali dengan nur dan hidayat dalam Al Quran.

Di dalam Al Quran banyak ayat yang menjelaskan tentang hak prerogratif yang diberikan oleh Allah sebagsi rasul yang terakhir, seperti: 3:31,4:59,65,69,33:36,59:7.

إهدنا الصراط المستقيم

والله أعلم بالإصواب

No comments:

Post a Comment