Sunday, November 23, 2014

Fitrah (Lanjutan)

Menyambung tanya jawab dengan salah seorang akhi yang sebelumnya saya sampaikan sebelumnya dalam bahasan "Fitrah" :

Penanya: 
Jazakalloh Pak... jadi maknanya Fitrah hidup manusia yang diberikan Allah SWT itu adalah manusia tersebut pada dasarnya Hidupnya Beriman, Mempunyai manfaat bagi orang lain, Berkecukupan dan Hidupnya Bahagia dan Selamat di Dunia dan di akhirat... berarti org yang hidupnya Tidak bahagia, Tidak berkecukupan dan tidak mempunyai manfaat ada yang salah atau keliru dalam perjalanan hidup mreka.. benar gak pak... mohon kasih saya referensi Ayat Al-Qur'an dan Hadist yang berkaitan dengan itu... dan bagaimana keadaan yang demikian korelasinya terhadap takdir yang ditetapkan oleh Allah SWT... Jazakalloh

Jawaban: 
Tujuan hidup manusia adalah sebagai khalifah yang harus membangun kehidupan yang harmonis di dunia ini dan di akhirat nanti (Q,2:30,51:56). Untuk perjuangan itu, Allah membekali manusia dengan penciptaan yang sangat sempurna: jasmani yang sehat dan ruhani yang komplit, berupa kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, baca: 87:1-3, Sucikanlah Tuhanmu Yang Maha Tinggi (Kekuasaan dan Ilmu-Nya), Dia Yang Mencptakan segala sesuatu dari yang paling kecil s/d yang paling besar secara sempurna. Dia Yang telah menentukan ukuran dan ketentuan segala sesuatu -qodho dan qodar- serta memberi petunjuk dan metode -hidayat- untuk mengaturnya.

Allah sebagi Penguasa Tunggal alam semesta ini, memberi jaminan dan garansi bagi penghuni suatu ligkungan, secara idividu atau komunal yang beriman dan bertaqwa, akan menggapai berkah dari langit dan bumi- dari semua area dan cara yang mereka pahami, akan tetapi, karena mereka itu tidak menggunakan hidayat-Nya, maka akibatnya mereka adalah tersiksa dengan penderitaan, kemelaratan, kemiskinan dan penindasan orang lain (Q,7:96).

Iman sebagai dentitas ketakwaan yang dikehendaki oleh Allah, adalah tidak identik dengam "orang Islam". Beriman tidak cukup hanya bergantung kepada tiangnya iman yang hanya 6 saja. Dalam hadits sahih Al Bukhari disabdakan oleh Rasulullah Saw :

الإيمان بضع وستون شعبة والحيأ شعبة من الإ يمان رواه البخاري

Cabang cabang iman itu, lebih dari 60 bagian.

Mayoritas umat islam di dunia ini tertinggal jauh dari umat dan bangsa lain, terutama di Asia, Afrika dan mereka yang beremigran ke negara lain. Sebab utamanya, adalah karena kurangnya penguasaan sains dan teknologi. Padahal, Allah sudah memberi hidayat kepada kita: "..bahwa bumi dan isinya, hanya akan dikuasai oleh orang yang memiliki keahlian untuk mengaturnya" (21:105, Tafsir Al Maroghi).

No comments:

Post a Comment