Pages

Monday, March 31, 2014

Penyebab Tidak Khusyu'nya Sholat

Shalat adalah tempat dan saat yang paling tepat untuk munajat, musyahadah serta selalu hadir di hadapan Allah.
Al-Qur'an menyadarkan kita (20:14) :

انني انا الله لا اله الا انا فاعبدني واقم الصلاة لذكري

Sesungguhnya Aku adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka patuh dan tunduklah kepada-Ku. Dan laksanakan shalat dengan benar untuk mengingat Aku.
Rasulullah saw dalam hadis sahih mengatakan : "Ilmu yang pertama lenyap dari daratan bumi ini ialah ilmu khusyu (khudu' dan fokus hanya kepada Allah).

Bagaimana orang shalat bisa khusyu dan khudu' apabila di dalam masjid ada jamaah yang berwarna warni pakaianya, bahkan ada gambar di punggungnya, di bagian depan dipasang jam dinding besar dan berbunyi keras, ada anak-anak kecil yang ramai, ada yang baca alquran atau zikir dengan suara yang nengganggu jamaah lain yang belum selesai salatnya (masbuq), ada pujian dan suara di masjid antara azan dan iqomah, ada pengeras suara yang membunyikan Al-Qur'an dan tarkhim sebelum azan subuh.
Semua tindakan ini adalah sebagian dari hal-hal yang mengacaukan konsentrasi dan kekhusyu'an salat dan dilarang oleh syariat agama, termasuk bid'ah karena bertentangan dg sunah dan Al-Qur'an. Baca surat terakhir (114) dan hadis sahih :

لا تقرا القران عند المصلي فانه يناجي ربه.رواه مسلم وابوا داوود

Jangan membaca alquran di sebelah orang yang melakukan shalat, karena dia sedang berdialog (munajat) dengan Tuhannya.

Muslim juga meriwayatkan : pada suatu saat Nabi saw mengimami salat zuhur, ada seorang makmum yang membaca surat A'la agak keras sehingga Nabi terganggu.Setelah selesai salam, Nabi menegurnya : "bacaanmu itu mengganggu pikiranku, walaupun niatmu adalah baik.

Hal ini terjadi karena taklid tradisi yang sudah berkembang di lingkungan masyarakat yang tidak mendapat perhatian dan bimbingan dari tokoh yang berkuasa di masjid atau pondok-pondok pesantren. Baca kembali petunjuk dan hidayat Al-Qur'an, apabila mereka ingin hidayat Allah: 2:170,31:21.   

اللهم اهدنا فيمن هديت....

No comments:

Post a Comment